Aplikasi PPDB SMK Online sangat membantu bagi sekolah yang menggunakannya juga meningkatkan pelayanan terhadap calon siswa/peserta pendaftar. Mudah dioperasikan bagi operator di sekolah, maupun bagi calon siswa dimanapun berada melalui pc, laptop, maupun smartphone.
Aplikasi PPDB SMK Online ini terdiri dari 3 (tiga) bagian dalam penggunanya,
- Admin Utama
- Admin
- Pendaftar/calon siswa/user
Dari ketiga bagian diatas punya hak akses yang berbeda, dalam operasionalnya semua hak akses admin dapat diakses oleh admin utama.
ADMIN UTAMA
Admin utama berkewenangan melakukan :
Tahun Ajaran
Bagian ini yang pertama kali wajib dilakukan oleh Admin Utama, yaitu dengan mengedit tahun ajaran saat itu dengan mengklik edit.
Selanjutnya penetapan tahun pelajaran, masa penerimaan siswa baru, kuota pendaftar secara umum, jalur pendaftaran (PMPA/Reguler).
Status pendaftaran (aktif / Tidak Aktif)
Prosentasi / bobot kelulusan (nilai rata-rata raport : nilai tes tertulis)
Tanggal kartu ujian, tanggal surat pengumuman, dan nomor surat pengumuman.
Kuota per program keahlian diisi sesuai dengan jumlah yang akan dibutuhkan sekolah per program studi, jika program keahlian tersebut tidak ada penerimaan siswa baru maka diisi dengan 0 (nol).
Lalu simpan.
Editing Sekolah
Lengkapi / edit bagian ini dengan :
Nama Sekolah, email sekolah, website sekolah, alamat sekolah, NIP, nama dan tanda tangan jika diperlukan.
Lalu simpan
Editing Program Keahlian
Mengedit program keahlian juga wajib dilakukan:
Tulis nama program studi sesuai ketentuan, dan isi kuota program studi pada setting tahun ajaran.
Mengedit Admin
Admin utama dapat melakukan, penambahan, hapus dan edit admin.
Mengedit Konten berupa:
Informasi umum
Pada bagian ini dapat dicantumkan tujuan sekolah, program studi dan kuota per program studi yang ada.
Ketentuan
Pada bagian ini dapat dicantumkan hal-hal yang berhubungan dengan penerimaan siswa baru :
- Lulusan SMP/MTs tahun ….
- Nilai/KKM minimal yang diterima
Prosedur
Pada bagian ini berisi persyaratan yang harus dipenuhi bagi siswa yang dinyatakan lulus seleksi PPDB dan bagian ini menjadi lampiran surat pengumuman.
Jadwal
Berisikan jadwal yang akan dilaksanakan tahun pelajaran tersebut.
Jika sudah selesai diedit klik SAVE.
Upload Nilai (hasil test tertulis)
Tetapkan tahun ajaran, lalu upload nilai yang sudah kita siapkan dengan dengan format yang berlaku dengan cara :
- Klik Download Format
- Isi format tersebut dengan nilai tes sampai selesai
- Gunakan titik (.) sebagai pemisah desimal jika ada.
Menggenerate kelulusan
Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, lalu klik re-generate
Jika terjadi kesalahan dalam pengisian format nilai dan telah diupload, maka lakukan reset.
Lakukan upload ulang terhadap tabel yang telah diperbaiki dan lakukan generate lagi.
Daftar Sekolah (SLTP)
Daftar nama sekolah sudah ada di system, jika belum ada maka akan bertambah otomatis dari editing pendaftar.
ADMIN
Calon Siswa
Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter
Verifikasi
Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, klik pendaftar yang diverifikasi, selanjutnya tentukan ruang test/ujian untuk ybs jika diterima. Panita/admin wajib menyiapkan buku yang berisi daftar ruang dan nomor peserta ujian/seleksi/test tertulis.
Rekapitulasi Kelulusan
Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, lalu klik download excel
Peserta Tes
Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, lalu klik download excel.
PENDAFTAR/CALON SISWA/USER
PENDAFATARAN SISWA BARU
Pendaftaran siswa baru, siswa lulusan SLTP mendaftar melalui pc, laptop, dan smart phone yang dimiliki anak, dengan cara mengklik DAFTAR SEKARANG / PENDAFTARAN lalu melengkapi data yang diperlukan sampai dengan selesai, seperti berikut ini.
Lalu akan tampil formulir pendafatran dan diisi lengkap oleh pendaftar/calon siswa berikut :
Form Online PPDB yang harus diisi oleh calon siswa.
Peserta/calon siswa melengkapi : Indentitas, Sekolah Asal, Program Keahlian, Nilai Raport dan Selesai. Pada bagian nilai raport hanya mengisi
Identitas Calon
Isi dengan benar, perhatikan NISN apa sudah benar ?
Sekolah Asal
Isi dengan benar, perhatikan NPSN apa sudah benar ?
Program Keahlian/ Jurusan
Pilih program keahlian yang benar
Nilai Raport Semester 1 s.d. Semester 5, nilai minimal 60 per mata pelajaran, nilai yang diisikan dengan skala nilai : 0 s.d. 100
Matematika
IPA
IPS
Bhs Inggris
Bhs Indonesia
Pernyataan Saya nyatakan data yang saya isi adalah benar.
Pernyataan di centang data bisa disimpan.
Selesai proses pendaftaran calon siswa tersebut.
Cek Status
Bagi calon siswa yang sudah terdaftar, dapat melakukan pengecetak status dengan mengklik CEK STATUS PENDAFTARAN, lalu lengkapi lalu klik CEK STATUS
Berikut ini hal2 yang harus diketahui oleh calon siswa/pendaftar sebagai berikut :
- Jika sudah selesai mengisi form online siswa dapat mencetak KARTU PENDAFTARAN.
- Jika sudah diverifikasi oleh admin maka dapat dicetak BUKTI VERIFIKASI.
- Jika diverifikasi oleh admin ditolak maka siswa tidak dapat melanjutkan proses berikutnya.
- Jika diverifikasi oleh admin diterima sebagai calon siswa, maka selanjutnya akan dapat KARTU PESERTA SELEKSI/TEST berisi ruang seleksi tertulis.
- Bagi calon siswa yang telah mengikuti seleksi/test tertulis, maka pada tanggal ditetatpkan dapat mengetahui diterima atau tidak diterima sebagai siswa baru akan mendapat LEMBAR PENGUMUMAN.
Catatan:
Disarankan kepada calon siswa/pendaftar sebelum melakukan proses pendaftaran untuk menyiapkan terlebih dahulu berupa :
- Identitas diri beserta NISN
- Sekolah asal beserta NPSN
- Nilai Raport SLTP
- Program Keahlian yang diminati
- Nomor HP/WA yang aktif, pribadi dan orang tua ybs.