Aplikasi PPDB SMK Online sangat membantu bagi sekolah yang menggunakannya juga meningkatkan pelayanan terhadap calon siswa/peserta pendaftar.  Mudah dioperasikan bagi operator di sekolah, maupun bagi calon siswa dimanapun berada melalui pc, laptop, maupun smartphone.

 

Aplikasi PPDB SMK Online ini terdiri dari 3 (tiga) bagian dalam penggunanya,

  1. Admin Utama
  2. Admin
  3. Pendaftar/calon siswa/user

Dari ketiga bagian diatas punya hak akses yang berbeda, dalam operasionalnya semua hak akses admin dapat diakses oleh admin utama.

ADMIN UTAMA

Admin utama berkewenangan melakukan :

 

Tahun Ajaran

Bagian ini yang pertama kali wajib dilakukan oleh Admin Utama, yaitu dengan mengedit tahun ajaran saat itu dengan mengklik edit.

 

Selanjutnya penetapan tahun pelajaran, masa penerimaan siswa baru, kuota pendaftar secara umum, jalur pendaftaran (PMPA/Reguler).

Status pendaftaran (aktif / Tidak Aktif)

 

Prosentasi / bobot kelulusan (nilai rata-rata raport : nilai tes tertulis)

Tanggal kartu ujian, tanggal surat pengumuman, dan nomor surat pengumuman.

 

Kuota per program keahlian diisi sesuai dengan jumlah yang akan dibutuhkan sekolah per program studi, jika program keahlian tersebut tidak ada penerimaan siswa baru maka diisi dengan 0 (nol).

Lalu simpan.

 

 

Editing Sekolah

 

Lengkapi / edit bagian ini dengan :

Nama Sekolah, email sekolah, website sekolah, alamat sekolah, NIP, nama dan tanda tangan jika diperlukan.

Lalu simpan

 

Editing Program Keahlian

 

Mengedit  program keahlian juga wajib dilakukan:

Tulis nama program studi sesuai ketentuan, dan isi kuota program studi pada setting tahun ajaran.

 

 

Mengedit Admin

Admin utama dapat melakukan, penambahan, hapus dan edit admin.

 

Mengedit Konten berupa:

Informasi umum

 

Pada bagian ini dapat dicantumkan tujuan sekolah, program studi dan kuota per program studi yang ada.

Ketentuan

Pada bagian ini dapat dicantumkan hal-hal yang berhubungan dengan penerimaan siswa baru :

  • Lulusan SMP/MTs tahun ….
  • Nilai/KKM minimal yang diterima

Prosedur

Pada bagian ini berisi persyaratan yang harus dipenuhi bagi siswa yang dinyatakan lulus seleksi PPDB dan bagian ini menjadi lampiran surat pengumuman.

 

Jadwal

Berisikan jadwal yang akan dilaksanakan tahun pelajaran tersebut.

Jika sudah selesai diedit klik SAVE.

 

Upload Nilai (hasil test tertulis)

Tetapkan tahun ajaran, lalu upload nilai yang sudah kita siapkan dengan dengan format yang berlaku dengan cara :

  • Klik Download Format
  • Isi format tersebut dengan nilai tes sampai selesai
  • Gunakan titik (.) sebagai pemisah desimal jika ada.

 

Menggenerate kelulusan

Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, lalu klik re-generate

Jika terjadi kesalahan dalam pengisian format nilai dan telah diupload, maka lakukan reset.

Lakukan upload ulang terhadap tabel yang telah diperbaiki dan lakukan generate lagi.

 

Daftar Sekolah (SLTP)

Daftar nama sekolah sudah ada di system, jika belum ada maka akan bertambah otomatis dari editing pendaftar.

 

ADMIN

Calon Siswa

Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter

 

 

Verifikasi

Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, klik pendaftar yang diverifikasi, selanjutnya tentukan ruang test/ujian untuk ybs jika diterima.  Panita/admin wajib menyiapkan buku yang berisi daftar ruang dan nomor peserta ujian/seleksi/test tertulis.

 

Rekapitulasi Kelulusan

Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, lalu klik download excel

 

 

 

Peserta Tes

Pilih tahun ajaran dan jalur dengan benar lalu klik filter, lalu klik download excel.

 

PENDAFTAR/CALON SISWA/USER

PENDAFATARAN SISWA BARU

Pendaftaran siswa baru, siswa lulusan SLTP mendaftar melalui  pc, laptop, dan smart phone yang dimiliki anak, dengan cara mengklik DAFTAR SEKARANG / PENDAFTARAN lalu melengkapi data yang diperlukan sampai dengan selesai, seperti berikut ini.

 

Lalu akan tampil formulir pendafatran dan diisi lengkap oleh pendaftar/calon siswa berikut :

 

Form Online PPDB yang harus diisi oleh calon siswa.

 

Peserta/calon siswa melengkapi : Indentitas, Sekolah Asal, Program Keahlian, Nilai Raport dan Selesai.  Pada bagian nilai raport hanya mengisi

Identitas Calon

Isi dengan benar, perhatikan NISN apa sudah benar ?

Sekolah Asal

Isi dengan benar, perhatikan NPSN apa sudah benar ?

Program Keahlian/ Jurusan

Pilih program keahlian yang benar

Nilai Raport Semester 1 s.d. Semester 5, nilai minimal 60 per mata pelajaran, nilai yang diisikan dengan skala nilai : 0 s.d. 100

Matematika

IPA

IPS

Bhs Inggris

Bhs Indonesia

Pernyataan            Saya nyatakan data yang saya isi adalah benar.

Pernyataan di centang data bisa disimpan.

Selesai proses pendaftaran calon siswa tersebut.

 

Cek Status

Bagi calon siswa yang sudah terdaftar,  dapat melakukan pengecetak status dengan mengklik CEK STATUS PENDAFTARAN, lalu lengkapi lalu klik CEK STATUS

 

Berikut ini hal2 yang harus diketahui oleh calon siswa/pendaftar sebagai berikut :

  1. Jika sudah selesai mengisi form online siswa dapat mencetak KARTU PENDAFTARAN.
  2. Jika sudah diverifikasi oleh admin maka dapat dicetak BUKTI VERIFIKASI.
  3. Jika diverifikasi oleh admin ditolak maka siswa tidak dapat melanjutkan proses berikutnya.
  4. Jika diverifikasi oleh admin diterima sebagai calon siswa, maka selanjutnya akan dapat KARTU PESERTA SELEKSI/TEST berisi  ruang  seleksi tertulis.
  5. Bagi calon siswa yang telah mengikuti seleksi/test tertulis, maka pada tanggal ditetatpkan dapat mengetahui diterima atau tidak diterima sebagai siswa baru akan mendapat LEMBAR PENGUMUMAN.

 

 

Catatan:

Disarankan kepada calon siswa/pendaftar sebelum melakukan proses  pendaftaran untuk menyiapkan terlebih dahulu berupa :

  1. Identitas diri beserta NISN
  2. Sekolah asal beserta NPSN
  3. Nilai Raport SLTP
  4. Program Keahlian yang diminati
  5. Nomor HP/WA yang aktif, pribadi dan orang tua ybs.

 

Juknis PPDB Online
Linkom